Selamat Datang

Agung Say's Welcome to You

Senin, 28 November 2011

Desainer Jepang Fukamachi Reiko Berpendapat Tentang Orang Jawa

Pengusaha dan desainer berdarah Jepang Fukamachi Reiko, untuk pertama kalinya menggelar pameran di Jogja. Bukan busana seperti halnya bidang yang digelutinya, melainkan ia memamerkan lukisan-lukisan yang terinspirasi dari kebudayaan Jawa.
sebanyak 12 karya lukisnya dipajang dalam pameran yang bertema "Manja Jawa" di Indonesia Contemporary Art Network (ICAN) Jalan Suryodiningratan No.39 Jogjakarta yang berlangsung dari tanggal 11-25 November.
Fukamachi Reiko lahir di Tokyo, Jepang. Kedua orang tuanya adalah pengusaha yang rajin bolak-balik ke Indonesia. pada tahun 2002 dia memenangi Audience Prize on Spiral Independent Creators Festival (SICF, Tokyo, Jepang). "Indonesia seperti negara kedua saya" ujar Reiko yang selama lima tahun kuliah di Jurusan Seni Kriya dengan konsentrasi di Batik di ISI Yogyakarta.
Dia juga Menuturkan "Manja Jawa itu adalah suasana, aura orang Jawa yang sangat berbakat. Saya melihat hidup orang Jawa itu sangat menarik. Saya kaget cara bermasyarakatnya, berkomunikasi, membantu, keakrabannya, sangat menarik" terang Reiko dalam catatan pamerannya.
Lukisan yang berjudul "Ilmu Sosial" (140 x centimeter akrilik, krayon dan pensil warna di atas kanvas) misalnya, Reiko menampilkan representasi laki-laki Jawa yang kuat, pekerja keras dan berpotensi karena kapasitas untuk mendapatkan impiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar