Selamat Datang

Agung Say's Welcome to You

Selasa, 29 November 2011

Resistor Sebagai Komponen Pasif Penghambat Arus

Resistor sebagai salah satu komponen pasif mempunyai fungsi untuk menghambat nilai arus yang melewatinya. resistor konstruksinya bermacam, macam. sesuai besarnya hambatan, maka resistor dibedakan menjadi resistor   dua, yaitu resistor tetap dan resistor tidak tetap. resistor tetap berarti besarnya resistansi tetap dan tidak bisa diubah. namun untuk resistor jenis tidak tetap atau (variabel) nilai hambatannya dapat diubah sesuai keinginan kita. 
untuk yang pertama kita bahas terlebih dahulu resistor tetap. resistor ini biasanya terbuat dari silikon dan mempunyai gelang warna. namun udalam hal ini jenis resistor ini masih dibedakan  lagi menjadi dua berdasarkan jumlah gelangnya. yang pertama resistor tetap dengan jumlah gelang warna sebanyak empat buah. untuk gelang yang pertama menunjukkan angka pertama, gelang kedua menunjukkan nilai angka gelang kedua, gelang ketiga menunjukkan besarnya jumlah perkalian 10 dan gelang terakhir menunjukkan nilai toleransinya. sedangkan yang kedua dengan jumlah gelang warna sebanyak lima buah. untuk gelang pertama sampai ketiga fungsinya sama seperti yang menggunakan empat gelang warna, namun untuk gelang yang keempat bukan lagi sebagai penunjuk toleransi, namun sebagai penunjuk besarnya jumlah perkalian 10 seperti halnya gelang ketiga dan yang terakhir gelang kelima sebagai penunjuk nilai toleransi. rasistor dengan lima gelang warna ini biasa disebut dengan resistor metal film. berikut adalah daftar nilai gelang warna resistor. 

                
sedangkan untuk resistor variabel. besarnya resistansi dapat diubah dan disesuaikan dengan kehendak kita. ada beberapa model untuk resistor variabel ini. ada yang model geser dan ada pula yang model putar menggunakan tuas. dan gambar di bawah ini adalah model dari kedua jenis komponen tersebut.
gambar atas adalah model dari variabel resistor ataun sering disebut dengan potensio dan gambar yang bawah adalah model dari resistor tetap. (agungb28)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar